Minggu, 22 November 2009

IstIlaH InTeRneT

1) E-Mail
Kependekan dari Electronic Mail. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet

2) WWW (World Wide Web)
Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain(hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser seperti Netscape Navigator atau Internet Explorer. Dirancang oleh tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN di Jenewa Swiss tahun 1991.

3) E-Commerce
Merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan business process yang menghubungkan perusahaan, konsumer, dan komunitas melalui transaksi elektronis dan pertukaran barang, servis dan informasi secara elektronis. Ada 3 jenis e-commerce :
- Business to consumer
- Consumer to consumer
- Business to business

4) Gopher
Adalah komponen yang digunakan untuk mencari informasi yang berupa directori, sub directori, atau file dalam internet. Dikembangkan oleh Computer adn Informatika Services Departement dan University of Minnesota.

5) Telnet
Merupakan aplikasi program yang berbasiskan protocol TCP/IP, yang digunakan untuk melakukan komunikasi 2 arah antara komputer yang letaknya berjauhan. Biasa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi lain yang ada di internet, yaitu Gopher, www, WAIS, dan Archi.

6) FTP
Kependekan dari File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan menggunakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP. Terdiri dari file yang berisi grafik, teks, klip audio, dan video.

7) Archie
Fasilitas dalam mencari informasi diantara FTP site di Internet. Pencarian data yang dikumpulkan secara automatik, mempunyai indeks dan file-file secara katalog dalam pelayan Internet. Dikembangkan oleh Universitas McGill.

8) Newsgroup
Kelompok berdiskusi di Internet. Diskusi sendiri dapat diatur dalam bentuk unmoderated atau moderated. Untuk unmoderated, setiap peserta dapat mengirimkan komentarnya. Sedangkan untuk moderated untuk memasukan komentar harus melewati seorang moderator, moderatorlah yang menyeleksi pesan-pesan yang boleh dimasukkan ke dalam diskusi, baik menyeleksinya atau menyeleksinya terlebih dahulu. Beberapa newsgroup menyediakan layanan mailing list yang dikirimkan melalui e-mail. Dengan tersedianya layanan mailing list ini, maka setiap pesan yang masuk dikirimkan kepada anggota yang terdaftar dalam kelompok diskusi tersebut. Jika diskusi yang terjadi cukup banyak mendapat respon, maka para anggota dapat mengatur periode pengiriman pesan dengan melakukan status digest pada cara pengiriman pesan diskusi ke e-mail yang bersangkutan.

9) Milis
Kependekan dari Mailing List. sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

10) Internet Relay Chat
Kepanjangan dari IRC. Sebuah layanan internet yang dapat berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lainnya secara interaktif dengan mengetikkan obrolan - obrolan dalam bentuk teks. Lebih dikenal dengan nama Chatting.

Dibuat oleh : Intan Savitri, Absen 21 - 9c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar